Latest Entries »

Senin, 08 Maret 2010

Tips menyimpan dan merawat sepatu kulit

Sepatu bersih mencerminkan sikap pemakainya. Selain sebagai alas kaki, sepatu juga berperan penting dalam meningkatkan penampilan dan percaya diri pemakainya. Oleh sebab itu, sepatu haruslah dirawat secara rutin agar selalu bersih, awet dan tahan lama. Berikut ini ada beberapa tips untuk perawatan sepatu kulit kesayangan anda.

  1. Pastikan sepatu yang akan disimpan benar-benar kering dan tidak lembab sebelum disimpan didalam box sepatu atau lemari sepatu. Apabila basah atau terkena air, cukup angin-anginkan, jangan menjemur dibawah matahari langsung. Hal ini sangat penting dilalukan untuk mencegah sepatu anda berjamur dan bau.
  2. Periksalah bagian kulit sepatu, apa bila terdapat kotoran, bersihkan langsung menggunakan kain lembab berbahan lembut (*). Untuk sepatu berbahan suede, cukup disikat pada bagian yg kotor menggunakan sikat gigi halus dan kering. Pastikan jg bawah sol sepatu anda bebas dari kotoran2 seperti tanah atau pasir.
  3. Pastikan box / lemari sepatu anda kering dan tidak lembab, tambahkan silica gel / kamper gantung lemari bila perlu. Simpan sepatu di box yang telah disediakan, pastikan kulit sepatu tidak saling bersentuhan. Gunakan shoe tree atau ganjalan sepatu, untuk mempertahankan bentuk sepatu saat penyimpanan. Shoe tree yg terbuat dari bahan kayu juga berguna untuk menyerap lembab dalam sepatu.
  4. Pakailah sepatu minimum 1 kali dalam seminggu, hal ini berguna untuk memberikan udara segar dan mencegah kulit sepatu anda kaku.
  5. Untuk sepatu kulit non suede berwarna coklat tua atau hitam, gunakanlah semir berbentuk krim untuk mengembalikan warna kulit yang kusam (*). Jangan menggunakan semir cair karna akan membuat kulit kaku dan pecah2.
  6. Gunakan sendok sepatu untuk memudahkan pemakaian sepatu.
  7. Pakailah sepatu sesuai dengan tempat dan fungsi nya.
Semoga tips diatas dapat membuat sepatu anda menjadi lebih terawat, nyaman, dan tahan lama. Ingat sepatu bersih, kaki pun bebas kuman.


(*) Kulit sepatu berbeda-beda jenis, cobalah pada bagian kulit yg tidak terlihat dari luar. Apabila terjadi perubahan warna segera hentikan.